Nasionalisme Di Ranah Maya

Quote:

Silakan baca artikel dibawah ini .
Nasionalisme di Tapal Batas Dunia Maya
Quote:
Quote:
Menjelang 17 Agustusan tahun 2009, saya melihat seri artikel Nasionalisme di Tapal Batas di Koran KOMPAS. Artikel ini membahas apa arti nasionalisme bagi para penduduk di perbatasan wilayah NKRI.

Tapi anehnya, tidak satu pun orang terpikir buat mengungkit soal Nasionalisme di dunia maya. Saya tidak bicara perseteruan Indonesia Malaysia di forum dan internet, sebab bagi saya itu tidak mencerminkan fenomena dunia Maya. Ataupun membahas prestasi para atlit game Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di berbagai turnamen internasional.

Saya ingin membahas mengenai sebuah fenomena yang jarang sekali orang perhatikan.
Landasan fenomena ini adalah perkembangan dunia maya dalam dua segi, yaitu: Perangkat kasar (hardware) komputerisasi saat ini yang sangat mendukung kebutuhan main game para konsumennya yang jelas sudah jadi kebutuhan primer di abad ini.

Kita bisa melihat pasar dunia game terus bertumbuh, menggila, hingga menjadi industri raksasa yang bisa melalap 10x APBN negara kita dengan mudah. Jumlah gamer mencapai jutaan, jika bukannya sudah milyaran orang. Lalu dari segi infrastruktur, kabel optik dan layanan akses internet murah menyediakan sebuah landasan bagi kecepatan yang memadai buat saling menukar informasi, membangun sebuah platform atau cetakan yang luar biasa mumpuni, termasuk untuk membangun sebuah negeri di ranah maya.

Ajaibnya Dunia Maya

Quote:
Dunia dan ranah maya melahirkan fenomena ajaib. Pernahkah anda membayangkan betapa hebatnya umat manusia bisa mencetak “petak-petak, bangunan, tanah, uang, ruang, dan waktu” dalam dunia Maya? Dan betapa kagum dan juga ngerinya melihat anak-anak zaman sekarang berani menukarkan uang betulan dengan uang di dalam permainan dunia Maya? Saya punya selusin teman yang siap bersaksi mereka menambang uang dari sana. Salah seorang teman saya melihat sendiri seorang anak SMP memberikan koper penuh uang (puluhan juta rupiah) demi membeli karakter game yang ia jual. Meski kegiatan tukar menukar antara uang mainan ini dilarang oleh admin game, tapi di setiap game online yang popular selalu ada penjual dan pembelinya. Padahal, di RL, siapa yg mau beli uang Monopoli atau uang bergambar nyeleneh? Sungguh ajaib orang kini menganggap ranah Maya, dengan identitas palsu mereka, peran mereka, sebagai bagian diri mereka.

Mana Identitas Negeriku?

Quote:
Jika demikian, apakah ada identitas bangsa kita di sana? Adakah nasionalisme di sana? Saya hanya bisa menggelengkan kepala. Yang ada dalam hampir semua game online, menurut saya, hanyalah kesukuan. Ambil contoh: dalam permainan ragnarok online, beberapa pemain yang terjalin ikatan khusus sepakat membentuk Guild atau persekutuan. Para anggotanya rela berjuang demi kepentingan Guild. Beberapa Guild saling membuat aliansi atau membuat anak Guild. Sampai di sana saja konsep “kesukuan” mentok. Bahkan jika salah satu Guild mengontrol sebuah benteng atau kota, ia hanya bisa dikatakan Raja sebuah kota dengan nama antah berantah, dalam dunia antah berantah. Jika ia berbicara kepada penduduk Indonesia di dunia nyata mengenai pencapaiannya, prestasinya, maka para penduduk negeri kita yang tercinta ini hanya bisa mengangkat bahu dan mengacuhkannya. Tidak peduli. Sebab tidak ada jalinan emosi bagi mereka. Mereka tidak paham dan tidak turun langsung terhadap Guild atau permainan itu.

Satu-satunya permainan yang berhasil mengawinkan, memanfaatkan, dan memancing keasyikan bermain game dengan semangat nasionalisme adalah genre eRepublik.


UNIK!

Quote:
Dengan sengaja memberikan setting peta dunia betulan, negara betulan sebagai wadah nasionalisme dan tanah air tempat para warga lahir, lalu memberikan teritori dan batasannya yang akurat, lalu sistem interaksi dengan negara-negara lain berupa militer dan pakta, sistem politik partai, DPR, dan Presiden, lalu sistem ekonomi, lalu media massa yang bersifat dari pemain, oleh pemain, dan untuk pemain,….. dan slogannya “menulis ulang sejarah”, tidak heran permainan ini ditakdirkan untuk menjadi unik dan serius. Sebab orang bermain jauh lebih serius saat harga diri bangsa dipertaruhkan.

Evolusi, Revolusi, dan Bangkitnya Bangsa Utuh di Ranah Maya

Quote:
Dari skema ini wajar timbul dinamika politik, sosial, dan bernegara. Dibentuk dari tataran terkecil berupa rakyat, pengusaha, militer, para penulis media, hingga tokoh partai, massa partai, politikus, anggota DPR, hingga aparat DPR, Kabinet, Presiden, bahkan kaum separatis. Dalam latar ini, semua orang memainkan peran mereka sendiri (dalam bentuk nama id, jenis kelamin, peran, gaya, nada, tulisan, dan ideologi), tapi anehnya selalu bergravitasi kepada negara mereka sendiri.

Meski para pemain pada kenyataannya jantan di RL tapi mengaku betina di dunia maya, meski mereka berpaham Kapitalis di RL tapi ikut partai Sosialisme atau bahkan Komunis di dalam game, mereka tak bisa menanggalkan sifat Nasionalisme ini. Mereka tak bisa tidak bangga menggunakan bahasa Indonesia, istilah Indonesia, budaya Indonesia, bahkan berusaha menyebarkan hal-hal ini ke seluruh New World. Para pemain bergabung juga karena rasa Nasionalisme.

Saya sudah sebutkan di atas: Indonesia menguasai Australia? Argentina? Afrika Selatan? Amerika?—cukup menggugah. Sebuah fenomena lain (nanti akan dibahas di kolum: Kala RL Bertemu eRep) adalah fenomena dibawa sertanya perseteruan antar negara di RL ke dalam permainan.

Tapi, ke arah mana Nasionalisme ini membawa eIndonesia? Semangat segelintir pemain eRepublik yang ingin mengharumkan nama bangsa eIndonesia nyatanya berhasil membentuk eIndonesia sebagai negara Adidaya, Imperialis, berpaham Sosialisme, dan kultur budaya yang tegas dan berwibawa bagi orang asing, tapi panas, tajam, dan fun di dalam dinamika politik dalam negerinya.

Tidak hanya melulu jadi makanan kaum elit politik dan aneka sandiwara yang mereka mainkan dalam kenyataan di RL. Muak kita melihat elit politik yang tak membumi, merakyat, dan tak bisa disentuh, untouchable, invulnerable, sekaligus muka tembok terhadap amanat derita rakyat.

Indonesia yang terpuruk di dunia nyata menjadikan semangat para pemain dan para Bapak dan Ibu (Presiden pertama eIndonesia adalah perempuan) dan Pendiri Bangsa eIndonesia membara untuk tidak mengulang nasib bangsa di dunia nyata.

BERLAWANAN DENGAN LOGIKA NYATA

Quote:
Berlawanan dengan kenyataan di lapangan yang menggenaskan dan anehnya telah kita terima bulat-bulat dan kita lakoni juga (kita semua sesungguhnya terbenam dalam budaya koruptor):
Korupsi hampir tidak ada dalam kabinet dan pemerintahan. Guild-guild berupa Partai Politik asyik bersaing memperebutkan tampuk kekuasaan, tapi siapa pun yang menduduki tampuk tertinggi, semua akan didukung seluruh rakyat.

Kinerja pemerintahan berlangsung sangat apik untuk ukuran manusia-manusia yang jarang atau TIDAK PERNAH saling bertemu muka, hanya berbagi informasi lewan papan ketik dan layar monitor komputer atau hape, namun rela bahu membahu begini rupa membangun sebuah negeri, layak dipertanyakan apakah moral, etika, semangat saling memercayai, atau semangat nasionalisme yang luhur itu sudah pudar dari lubuk hati warga eIndoensia.

Lalu jutaan bit huruf dan gambar, ratusan ribu menit yang didedikasikan para penulis koran dan penggagas artikel di eIndonesia dari lahir hingga sekarang menjadi saksi bahwa demokrasi tak pernah padam. Juga semangat untuk mencintai eIndonesia lewat kepedulian, gagasan, dan cara bermain yang khas dari masing-masing pemain. Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa.


Utopia

Quote:
Negeri yang idealkah? Tidak juga. Banyak skandal, kritik, perang idealisme, perang kebijakan, debat tak kunjung berakhir di rapat DPR, konflik antara pengusaha dan rakyat kecil, subsidi, Partai Politik, regu militer, bahkan aksi mata-mata ala BAKIN ada di dalam permainan ini.

Tapi semua adalah dalam naungan satu atap. Negeri Kesatuan Republik eIndonesia.
Inilah wujud suara rakyat (ingat bahwa: gamer pun rakyat) di dunia Maya. Inilah Nasionalisme yang bisa diakses siapa saja dengan modal komputer dan internet, yang hidup dan berkembang sesuai dinamika dan kontribusi semua orang. Inilah jenis Nasionalisme yang bisa dibicarakan kepada orang-orang non-eRepublik: “eIndonesia menguasai eAustralia loh!” dengan rasa bangga dan eksotik, membangkitkan impian dan hasrat mereka menyaksikan dan berkontribusi sendiri kepada Indonesia perkasa tanpa harus menanti sampai munculnya Ratu Adil. Inilah suara rakyat yang menghendaki eIndonesia sebagai negara yang kuat, bersih, berwibawa, berdinamika, dan berbudaya. Tanyakanlah kepada orang eMancanegara, baik sekutu maupun lawan, dan mereka akan kurang lebih berkata: “We know eIndonesia. They are strong country, one of the best Empire ever, and knows how to play and keep their cool and fun side. Respect!

Quote:
Quote:

Mempertahankan pendapat itu tetap lekang selamanya adalah bukti Nasionalisme. Rasa bangga saat mendengarnya adalah kejayaan Nasionalisme. Dan penyadaran akan rasa dan cinta itu adalah pencerahan kecil bahwa kita semua cinta Indonesia. Hanya saja kita tidak pernah mengungkapkannya karena malu. Setidaknya di Ranah Maya, masih ada benteng wibawa bernama negeri eIndonesia yang lebih luas dan jaya ketimbang Imperium Majapahit, atau bahkan wilayah kekuasaan Genghiskhan. Dulu…

Bagaimana dengan kini? Siapkah anda membangun eIndonesia dari nol kembali?
Ah tentu saja. Itu pertanyaan retoris. Sebab Cinta tidak perlu dituntut. Manakala masih ada Cinta, Indonesia dan eIndonesia, negeri kita ini, pasti akan bangkit dan jaya.
Sumber

Quote:

Artikel diatas menunjukkan salah satu Game yg mempunya nasionalisme .
Yaitu Erepublik ..

[Web Based Game]Erepublik, ayo bela indonesia di Erepublik!

Brothers and sisters…
mari kita bantu nama Indonesia di dunia maya… bergabunglah dengan kami di Erepublik untuk membela Eindonesia supaya dapat terus maju menjadi no.1 di dunia…

game ini adalah social strategy game yang keren abis karena anda bisa menjadi General Manager, Battle Hero, Jurnalis, Ketua Partai, Anggota Kongres, bahkan menjadi PRESIDENpun anda juga bisa .

Jika kalian tertarik :
Silakan daftar lewat link2 dibawah ini ..

http://www.erepublik.com/en/referrer/Aldo+Pasha+Permana <== mentor paling baik😀 daftar ke dia aja .

http://www.erepublik.com/en/referrer/deadly_outsider <== bisa daftar lewat sini juga

http://www.erepublik.com/en/referrer/Sentarozi <== Ketum PRM

http://www.erepublik.com/en/referrer/soGlad <=== bisa daftar dengan dia . udah berpengalaman

http://www.erepublik.com/en/referrer/versailles+v1 <== nih udah berpenglaman juga

http://www.erepublik.com/en/referrer/vosakz <== Mantan Ketum

[Tutorial]The 1st Day of The New World

Quote:
Newbie baru lahir dengan wellness 100 (MANTAB!!)
Newbie Lvl 3 udah bisa war (WASEEEKK!!)
Hospital Cuma recover Wellness dari Fight (DAMN!!)
Quote:
So, new 1st Day tutorial dr gw.. Maap klo gw ga bkin versi lidiman, coz ini masalah yg urgent n harus d publish secepat mungkin..
Sebelum baca lebih lanjut, mohon dimengerti pentingny artikel ini.. Artikel ini HARUS sampai ke tangan newbie sebelum mereka melangkah ke arah yang salah.. Kenapa? Ini alasanny:
Quote:
Kasus 1
Ada newbie baru lahir.. Ga ngerti cara Work n Train.. Baca tutorial ini,,, TADA!! Dia bisa work n train dngan benar
Quote:
Kasus 2
Ada newbie baru lahir.. Dah jago WnT.. tp cuma beli food Q1 (obviously dia ga punya house)..besok2, wellness smakin berkurang.. ga ada yg nyuntikin.. Hospital jga ga bisa dpake bwat ngobatin busung lapar.. Wellness dah masuk 80an, ga bisa d recover n dia makin desperate.. Baca tutorial ini,,, TADA!! Dia bisa beli food sesuai gaji n keperluanny (stlah d suntik dikit, he’s good to go :3)
Quote:
Kasus 3
Ada newbie baru lahir.. Seperti newbie2 pada umumnya, dia ngikutin Plato n sukses d hari pertamanya.. Masuklah lvl 3, n godaan terberat bagi newbie d dunia baru: BLOODTHIRST.. Dia war ampe wellness 50, ga taw hospital d mana.. ganti hari.. wellness ga bisa d recover lagi pake hospital.. butuh food banyak2 n suntikan Gift bejibun bwat ngebalikin wellness jd 100.. Baca tutorial ini,,, TADA!! Dia bisa taw hospital yg mana
Quote:
Kasus 4
Hampir sama ama Kasus 3.. Tp dia kerasukan roh2 pasukan eIndonesia jaman WSR, n lgsung puputan d hari pertama.. War 5x, hospital, war lagi ampe wellness 30.. Jatah Hospital dah abis.. ganti hari, ga bisa war lagi (wellness < 40).. Harus d suntik 10x/hari selama 1 minggu bwat balik k 100.. Klo bukan GOV, sapa lagi yg suntik? ini baru 1 newbie.. Klo ada 100 newbie yg puputan, kas negara abis d suntik2an 1 minggu doang.. Baca tutorial ini,,, TADA!!! Dia ga bakal Puputan lg
Quote:
Masih banyak banget kasus2 tak terduga lainnya.. Kita harus segera menyelamatkan nubi2 tersebut, coz klo smangat mreka hilang,, akibatnya cuma 1: Pensiun Dini.. Babyboom terancam punah klo kyk gini.. So, lgsung aja masuk ke tutorialnya..
Quote:
Bwat newbie2 yang baru daftar, pasti bingung harus ngapain aja hari ini.. Cara paling gampang ya ngikutin plato.. Here’s ur DO and DONT list:
1. Work
2. Beli Food
3. Upload Avatar
4. Train
5. Fight
6. Hospital
7. Fight lagi << INI GA BOLEH!!
Quote:
1. Work
Yeah, ga banyak yg berubah dsini.. Apply job, n work.. cara simple bwat dapetin duit.. Gini caranya:
My Places >> Job Market
Apply Job
GOV udah nyediain 2 perusahaan milik negara, Pusat Pelatihan Newbie ~ (Manuf/Land).. Silahkan pilih salah satu yang anda sukai, n klik apply.. Perlu anda ketahui, klo ada 3 jenis perusahaan.. Manufacture(Food, Weapon, Gift, Moving Ticket), Land(Grain, Iron, Diamond, Oil, Wood), Construction(House, Hospital, Defense Structure).. Detail masing2nya tidak akan d jelaskan dsini
Klik Work
DONE
Quote:
2. Beli Food
Ga makan food, wellness ente ngurang tiap hari.. Pastikan ente punya minimal 1 food d inventory anda sblum ganti hari (00.00 eRep Time).. So, gini cara beli food:
Market >> Marketplace
Products >> Food
Pilih Quality Level
Perlu anda ketahui rumus dari menghitung wellness adalah:
(Mouse Over di Formula untuk keterangan lebih lanjut)
WG = (150-CW)% x (FQ+HQ)
Food akan d konsumsi tiap hari, pada 00.00 eRep Time (14.00 WIB)
Quote:
3. Upload Avatar
Sbenerny sih ga penting2 amat.. Tp pertama kali upload avatar, ente dapet 2 exp.. n abis upload avatar, ente naek k lvl 2 n bisa train.. So, gini caranya:
My Places >> Profile
edit profile (kanan atas shout box)
Citizen Avatar >> Choose File
Make Changes
Quote:
4. Train
Train gunanya naekin Strength(STR).. STR makin tinggi, damage anda jga makin tinggi dalam perang.. Gini caranya Train:
My Places >> Training Grounds
Standard Training Only
Advanced Training & Strategy
jangan pilih Advanced Training & Strategy.. bener2 buang2 gold, cuma bwat naekin STR dikit.. Gold itu susah banget d dapetin d eRep.. mending d pake bwat hal-hal laen yg lebih penting.. Train gratisan udah cukup
Quote:
5. Fight
Yeah, bagian paling menarik dari eRep: Fight.. Semua maw membela negaranya sendiri, n carany simple.. ikutin aja ini:
My places >> Training Grounds(Setelah Train)
Battles U can Fight in
Klik Battlefieldnya (Pilih sesuai order ABeRI)
Fight
“Fight Again” sampai wellness 40-50
Quote:
6. Hospital
klo ente ngikutin tutorial gw n udah fight, wellness ente akan ada d 40-50.. Bwat ngembaliin itu ke 90-100, harus k Hospital.. ada 2 cara bwat k hospital.. Ini dia:
a. Lewat Battlefield
Back to Battlefield
Hospital
Heal
b. Lewat Location
My Places >> Profile
Location (Contoh: Indonesia, Java)
Klik regionnya (Contoh: Klik di tulisan “Java”)
Heal
Quote:
7. Fight lagi
Kebanyakan newbie yang udah ngerasain enaknya perang, jadi maw klik fight lagi.. Apalagi ngeliat wellness balik ke 90-100 hanya dngan 1x klik tombol fight..
FIGHT SETELAH HOSPITAL ITU HARAM!!
tombol heal cuma bisa dipake 1x sehari.. Jadi tahan nafsu berperang anda sampai ganti hari (00.00 eRep Time).. Wellness tinggi, artinya damage lebih tinggi n Productivity lebih tinggi.. Damage tinggi, cepet naek rank.. Productivity tinggi, disayang GM n cepet naek gaji..
Quote:

Ngebalikin wellness ke 100 lg tanpa Heal itu susah banget.. Jd tolong d jaga wellnessnya baik2, n JANGAN Fight lagi setelah hospital..

Yah, kayakny untuk tutorial kali ini segini aja.. Klo ada yang kurang d mengerti, silahkan PM ke ID gw ato tanya2 ama mentor2 terlatih di IRC.. cara join IRC, silahkan klik ini:

IRC

IRC 2

~ஜ۩۞~PRM Partai Rakyat Merdeka ¤ Far Right Ultranationalist ¤~۞۩ஜ~

Quote:
Saat ini saya bergabung di Partai PRM, Partai yg termasuk 5 Besar di eIndonesia . setelah kalian level 7 marilah bergabung bersama kami
Quote:

Salam damai penuh kasih, Merdeka™!

Quote:
Partai Rakyat Merdeka™ adalah partai yang berorientasi Liberal dan kami adalah orang-orang yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan peduli akan masa depan eRepublik Indonesia di eWorld

Quote:
Visi : Kemerdekaan hakiki bagi citizen eRepublik Indonesia.
Kebebasan yang dijunjung adalah kebebasan yang bertanggung jawab.
Kebebasan untuk mengeksplorasi diri dalam segala hal.
eRepublik diciptakan untuk menjadi sebuah kesenangan yang cerdas!
Spoiler for :

Berdiri : 12 Januari 08
Grup Facebook http://www.facebook.com/?ref=home#!/…2593109&ref=ts

  1. Jangan khan didunia maya,, nasionalisme di kalangan orang2 gedean juga banyak yang merosot tuh…udah pada ga’ hafal tuh isi pancasila…,, he..he

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: