Rupiah Masuk Babak Baru di Level Rp9.000

Rupiah semakin berjaya saja pada penutupan awal pekan ini. Nilai mata uang Tanah Air tersebut kembali menguat menembus di bawah level Rp9.100.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Senin (29/3/2010), rupiah ditutup di level Rp9.090 per USD. Padahal akhir pekan lalu rupiah ditutup di level Rp9.136 per USD. Sementara berdasarkan data yahoofinance, rupiah menguat menembus level Rp9.100 per USD, yakni menguat sebanyak 55 poin ke level Rp9.075 per USD. Di mana kisaran perdagangannya adalah Rp9.075-Rp9.122 per USD.

Capital inflow nampaknya masih mewarnai pasar modal Indonesia. Kendati indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami pelemahan, akan tetapi tidak membuat investor lantas keluar dari Indonesia. Nampaknya mereka masih menunggu timing yang tepat untuk masuk kembali ke pasar.

Sementara itu, seperti dikutip dari Valbury Securities, hasil pertemuan EU-SUMMIT menghasilkan rencana bantuan bilateral dari negara-negara anggota Uni Eropa dan juga ECB, serta ditambah bantuan dari IMF jika memang kondisinya memburuk. Hal ini Ini membuat euro rebound dari tekanannya di 1.3268 ke 1.3422. Peran safe-haven dolar Amerika, juga turut merosot dari hasil EU-Summit tersebut.

Harga minyak masih berada dalam zona koreksinya di sekitar level USD80 per barel karena rilis GDP AS yang di bawah estimasi awalnya, serta masih ragunya sejumlah investor komoditas terhadap efektivitas program bantuan Yunani dari hasil EU-Summit. Namun harga emas berhasil rebound kembali ke atas level psikologis USD1.100 per troy ounce.

“Keluarnya hasi pertemuan EU-Summit memicu rebound euro yang cukup signifikan. Penguatan USD kembali menyebabkan tekanan pada harga komoditas. Harga minyak mentah dunia masih terkoreksi di area USD80 per barel sementara harga emas masih diperdagangkan di bawah level psikologis USD1.100 per troy ounce, meski mengalami rebound dari tekanan sebelumnya yang mencapai level terendah selama lebih dari sebulan di level USD1.084,85. Minggu kemarin harga emas merosot signifikan akibat penguatan USD,” ungkap Valbury.

Sumber

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: