Hot News-Ibu Kota RI Mau Pindah Ke Palangkaraya !

Wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta bergulir lagi. Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Syahrial Loetan mengatakan, wacana pemindahan itu sudah mengkaji potensi beberapa daerah di luar Jawa. Salah satu yang berpotensi dijadikan ibu kota adalah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

”Perencanaan memang belum. Namun, wacana memindahkan ibu kota Jakarta sudah kami seriusi. Masukan yang kami terima tidak tanggung-tanggung. Sekalian pindah keluar pulau. Salah satu di antaranya ke Palangkaraya di Kalimantan,” kata Syahrial pada Kamis lalu (25/2).

Menurut Syahrial, wacana untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta bergulir karena banyak faktor. Selain faktor kepadatan penduduk, kemacetan yang tak pernah teratasi cukup menguras energi, potensi, dan finansial negara.

”Kami juga melirik daerah yang tidak rawan dari ancaman gempa. Kalimantan bukan jalur lintasan gempa,” tuturnya. ”Sebenarnya banyak kota lain yang potensial dijadikan ibu kota negara. Tapi, Kalimantan atau Palangkaraya sangat tepat karena berada di tengah-tengah (Indonesia),” lanjutnya.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kota Palangkaraya juga pernah diungkapkan Presiden pertama RI Soekarno. Saat meresmikan Palangkaraya sebagai ibu kota Provinsi Kalteng pada 1957, Soekarno ingin merancang menjadi ibu kota negara. Hal itu tertuang dalam master plan yang dibuat Soekarno dalam pembangunan kota tersebut pada masa kemerdekaan.

Meski baru wacana, kata Syahrial, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta bukan tidak mungkin bakal masuk rencana prioritas pemerintah. Termasuk, soal anggaran sangat besar. ”Perlu kajian mendalam. Melihat kesiapan infrastruktur, kelistrikan, sumber air bersih, kajian tahan gempa, desain kota, dan sebagainya. Ibarat pindah rumah, memindahkan ibu kota dari Jakarta bisa memakan biaya yang luar biasa besar,” paparnya.

Kendati ada kendala, Syahrial menilai pemindahan ibu kota negara bukan hal yang mustahil. ”Brazil adalah salah satu negara yang sukses memindahkan ibu kota negara ke daerah pedalaman (dari semula di Rio de Janeiro yang ada di pinggir pantai ke Brasilia pada 1960),” terang Syahrial.

Jakarta, lanjut Syahrial, sudah cukup dikeluhkan banyak kalangan. Terutama, pengaturan dan tata letak kota yang amburadul. Penataan kembali Jakarta agar menjadi rumah yang rapi, kata Syahrial, sangat sulit dilakukan.

”Sebab, Jakarta dibangun dari kampung-kampung tanpa penataan kota yang baik. Bila nanti wacana pemindahan ibu kota ini masuk tahap rencana, kami siap membuat desain kota dengan kajian multibidang yang lengkap,” jelas Syahrial.

Sementara itu, Pemprov Kalteng menanggapi positif wacana lama untuk menjadikan Palangkaraya sebagai ibu kota negara. ”Ibu kota negara seharusnya memang tidak satu wilayah dengan pusat perdagangan, industri, dan sebagainya,” ujar Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran kepada wartawan, termasuk Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Kamis lalu.

Diran mencontohkan, ibu kota Amerika Serikat di Washington DC terpisah dari pusat perdagangan dan industri, seperti Los Angeles, New York, dan Seattle. Karena itu, Palangkaraya siap bila dijadikan ibu kota negara atau pusat pemerintahan. Hal itu berarti aktivitas di ibu kota nanti selayaknya hanya terfokus pada kegiatan pemerintahan yang teratur, sistematis, dan terencana dengan baik.

”Saya berharap, wacana menjadikan Palangkaraya sebagai ibu kota negara dapat terealisasi. Sebab, kota ini memang memiliki potensi itu,” tutur Diran.

Selain kota cantik, Palangkaraya yang seluas 2.678,51 km persegi dianggap paling potensial menjadi ibu kota negara karena letak geografisnya tepat di tengah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi, wilayah Bumi Tambun Bungai (Kalteng) tidak memiliki gunung berapi dan lautan lepas sehingga aman dari bahaya gempa.

Menurut Diran, wilayah luas dengan kepadatan penduduk yang rendah membuat Kalteng, terutama Palangkaraya, memiliki penataan kota yang baik dan teratur. Itu membuat Palangkaraya jauh dari kesemrawutan layaknya Jakarta saat ini.

”Saat ini penduduk Kalteng yang berjumlah dua juta lebih sedikit sangat kurang jika dibandingkan dengan wilayahnya yang satu setengah kali Pulau Jawa,” terang Diran.

Namun, dia mengakui, pengembangan wacana itu tentu bukan tanpa kendala. Perlu adanya pengkajian secara mendalam. Terutama, soal anggaran yang cukup besar.

sumber : http://www.jawapos.com/halaman/index…ail&nid=119680

  1. mungkin masih perlu bbrp tahun lagi utk proses pemindahan dan perencanaan

    Jual Internet Unlimited Murah

  2. Kalo itu lebih baik, mengapa tidak.
    eh, kapan dong tukaran linknya, link blog anda sudah tampil di halaman utama blog saya.

  3. blog saya : http://www.divineperformance.com
    trims.

  4. SELAMAT BERJUMPA DENGAN KAMI Nama Kami KARWONO ITTEN DJEKI TEKNISI CILACAP TEKNISI SERVICE RADIO RIG,HT,VHF,UHF,HF,SSB. Dan OPERATOR GPSmap UNTUK SURVEY KEDANGKALAN KEDANGKALAN LAUT Tlp:+6281548868688 . Kami Komen Aja Kalo IBU KOTA JAKARTA DI PINDAH DI PULAU KALIMANTA KAMI SETUJU BANGET , SEBAB DI PULO JAWA SUDAH SANGAT SEMPIT. BAHKAN NAMANYA IBU KOTA Yang SETIAP TAHUNYA SELALU KENA BANJIR . KELIHATANYA TIDAK APDOL KALO IBUKOTA SELALU KENA BANJIR. DAN KAMI MEMBACA KALO BAPAK PRESIDEN SOEKARNO DI TH.1957 SUDAH ADA RENCANA DARI TAHUN TAHUN TERSEBUT. KENA APA TIDAK ? KALO ORANG2 KUNO biasanya Tepat Dan Nemaih Bahasa Indonesia Keturutan Atau Tercapai . Dengan Pantasnya Dan Patut , IBUKOTA PINDAH KALIMANTAN TEPAT, MENURUT GEOGRAVIS YANG DI PANDANG TEPAT. NAH Kalo INI Betul Terjadi UTUK BANGSA DAN NEGARA ADA KEMAJUAN SATU TINGKAT . DISAMPING PEMERATAAN KOTA Dan DAMPAKNYA POSITIF MENUJU KEMAJUAN YANG LUA. BIARKAN KOTA JAKARTA YANG ASLI ! JADIKAN TETAPKANLAH KOTA METROPOLITA JAKARTA . IBUKOTA KALIMANTAN .

  5. SELAMAT BERJUMPA DENGAN KAMI Nama Kami KARWONO ITTEN DJEKI TEKNISI CILACAP TEKNISI SERVICE RADIO RIG,HT,VHF,UHF,HF,SSB. Dan OPERATOR GPSmap UNTUK SURVEY KEDALAMAN Dan KEDANGKALAN LAUT Tlp:+6281548868688 . Kami Komen Aja Kalo IBU KOTA JAKARTA DI PINDAH DI PULAU KALIMANTA KAMI SETUJU BANGET , SEBAB DI PULO JAWA SUDAH SANGAT SEMPIT. BAHKAN NAMANYA IBU KOTA Yang SETIAP TAHUNYA SELALU KENA BANJIR . KELIHATANYA TIDAK APDOL KALO IBUKOTA SELALU KENA BANJIR. DAN KAMI MEMBACA KALO BAPAK PRESIDEN SOEKARNO DI TH.1957 SUDAH ADA RENCANA DARI TAHUN TAHUN TERSEBUT. KENA APA TIDAK ? KALO ORANG2 KUNO biasanya Tepat Dan Nemaih Bahasa Indonesia Keturutan Atau Tercapai . Dengan Pantasnya Dan Patut , IBUKOTA PINDAH KALIMANTAN TEPAT, MENURUT GEOGRAVIS YANG DI PANDANG TEPAT. NAH Kalo INI Betul Terjadi UTUK BANGSA DAN NEGARA ADA KEMAJUAN SATU TINGKAT . DISAMPING PEMERATAAN KOTA Dan DAMPAKNYA POSITIF MENUJU KEMAJUAN YANG LUA. BIARKAN KOTA JAKARTA YANG ASLI ! JADIKAN TETAPKANLAH KOTA METROPOLITA JAKARTA . IBUKOTA KALIMANTAN .

  6. AKU SETUJU KALO IBUKOTA RI DIPINDAH. KARNA JAKARTA SANGAT TIDAK COCOK LAGI UNTUK DIJADIKAN IBUKOTA RI, PATUTNYA JAKARTA DIJULUKI KOTA METROPOLITAN. KAYAKNYA LEBIH MANTAP LAGI DI PALANGKARAYA KARNA DI DAERAH KALIMANTAN TENGAH(KALTENG) PENDUDUKNYA BELUM TERLALU BANYAK, DITAMBAH PULAUNYA BESAR, DATAR TAK ADA GUNUNG2 JAUH DARI PERMUKAAN LAUT. JADI BEBAS DRI BENCANA GENPA DAN TSUNANI. SEKIAN…….

    FROM:
    KASIH MUJIONO

    • victor josse
    • Desember 2nd, 2010

    mending pindah ke pontianak aja ….

    soal’y bumi khatulistiwa ini keren …….

    letak’y strategis lagi !!!!

    jdi pndah d’pontianak KALBAR aj y ???

    wkwkwkwkw

    • aniyah
    • Desember 13th, 2012

    Pemindahan ibu kota hendaknya dikondisikan dulu terutama masalah penduduk lokal. Harusnya disiapkan secara mental dan spiritualnya. Agar ke depanya bisa bekerja sama dengan baik terutama dengan para pendatang baru.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: