Tsunami Besar Panaskan Atmosfir Matahari

SHEFFIELD – Ahli fisika dari University of Sheffield, Inggris akan segera mengemukakan penemuan terbaru mereka mengenai tsunami dan transisi wilayah gempa pada matahari.

(Foto: Ist)
Adapun tsunami yang dibicarakan disini bukanlah tsunami yang terjadi di laut melainkan tsunami pada matahari. Temuan ini akan menyibak tabir misteri dibalik tsunami besar yang terjadi pada pusat tata surya sekaligus juga menerangkan bagaimana terjadinya pemanasan korona matahari. Secara sederhana, tsunami matahari ini kemudian berkontribusi menimbulkan badai matahari.

Seperti dilansir Futurity, Rabu (10/3/2010), transisi wilayah matahari terletak pada jarak sekira 2.000 km diatas permukaan matahari yang nampak. Ini adalah lapisan sempit transisi tajam dalam kepadatan dan temperatur antara kromosfer matahari yang relatif dingin, sekira 10 sampai 20.000 Kelvin dan bagian korona teratas yang panas dengan temperatur mencapai 1 sampai 10 Megakelvin.

Para ahli fisika di Sheffield menemukan bahwa transisi wilayah gempa memberikan tenaga pada dasar yang lebih rendah dari korona matahari.

Gempa tersebut kemudian membentuk tsunami besar yang dihasilkan oleh bagian sempit yang berjarak radius 100 km dan panjang 10 sampai 40.000 km, lalu meningkatkan jet plasma dengan kecepatan 10 sampai 100 km per detik.

Saat jet ini menghantam wilayah transisi, mereka membangkitkan wilayah gempa transisi yang saat ini tengah diobservasi dan ditayangkan dalam sebuah model simulasi komputer untuk pertama kalinya.

Terobosan ini memungkinkan para ilmuwan bisa memperkirakan bahwa pada momen waktu tertentu terdapat sekira 60.000 tsunami besar yang menghantam wilayah transisi.

Tim dari University of Sheffield akan mempresentasikan penemuan mereka di hadapan pemerintah Inggris dalam waktu dekat.

  1. serem gan :takut

    • berdoa aja smoga tidak terjadi ..

  2. Wah serem juga yaa😦

    • smoga ga terjadi deh ..

    • yudha
    • Maret 12th, 2010

    wah nice ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: