Sepekan, Rupiah Masih Pede di Rp9.300-an

JAKARTA – Pergerakan nilai tukar rupiah selama sepekan ke depan diprediksi masih bergerak stabil di kisaran Rp9.300 per lembarnya. Kendati penguatan rupiah ke depan masih terbatas.

“Sentimen positif masih akan berlanjut untuk rupiah. Kendati penguatan rupiah terbatas, pergerakannya akan cenderung stabil di kisaran Rp9.250-Rp9.330 per USD,” ujar analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih, dalam buletin yang dipublikasikan, di Jakarta, Senin (8/3/2010).

Pada minggu pertama Maret lalu, nilai tukar rupiah mengalami tren penguatan terhadap USD, ditutup di Rp9.235 per USD. Penguatan ini merupakan kombinasi dari efek ikutan regional dan efek dalam negeri,” ujarnya.

Hasil Rapat Paripurna DPR untuk kasus Century justru, memberi pengaruh positif terhadap pasar karena menjadi akhir dari ’pertarungan’ politik.
Bahkan dalam empat hari terakhir minggu lalu, aliran modal asing terus masuk. Posisi asing pada surat utang negara (SUN) bertambah hingga Rp2,46 triliun.

Sentimen positif juga terjadi di pasar saham. Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup naik ke 2.578,77 mengikuti kenaikan indeks di bursa regional. Kenaikan indeks regional juga didorong oleh kenaikan harga minyak mentah yang kembali naik ke USD81,50 per barel.

Sebelumnya, Ketua Currency Management Board Farial Anwar mengatakan rupiah nampaknya masih akan terus menguat menuju level Rp9.200 per USD. Di mana hal ini didukung oleh masuknya dana asing ke pasar modal Indonesia akibat tingginya tingkat suku bunga.

Hal ini terutama didukung oleh hot money yang masih membanjiri pasar modal Indonesia. Di mana tingkat suku bunga di Indonesia dinilai masih sangat tinggi sehingga tingkat imbal balik yang tinggi menjadi daya tarik.

sumber

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: